Meditasi adalah praktek yang paling penting untuk menenangkan pikiran. Sebuah pikiran yang tenang dapat menyebabkan hidup sehat, bahagia dan sukses. Hal ini dapat menyembuhkan penyakit dan mempercepat proses penyembuhan. Kami menjelaskan teknik sederhana di bawah ini disebut prana-dharana. Prana dalam bahasa Sansekerta singkatan udara yang kita hirup. Ini adalah tindakan yang paling dasar kehidupan yang dimulai dari kelahiran dan berlangsung sampai kematian. Namun umumnya, kita tidak menyadari napas sampai perhatian kita ditarik dekat dengan itu. Dharana berarti kesadaran nya. Prana-dharana berarti menerapkan pikiran untuk aliran udara ketika kita bernapas. Metode ini seperti yang dijelaskan di bawah ini:

Duduk dalam posisi yang cocok untuk meditasi. Postur umum adalah Siddhasana, Padmasana dan Swastikasana. Tapi jika Anda tidak bisa melakukan ini, hanya duduk bersila. kembali Anda harus lurus dan mata tertutup. lutut harus ditempatkan dengan baik di tanah. Jangan membungkuk bahu Anda kembali. Seluruh tubuh harus rileks dan seluruh bingkai stabil tanpa mengerahkan setiap tarikan atau tekanan pada paha, kaki, lutut, tulang belakang atau leher. Seharusnya tidak ada peregangan pada ketegangan di sepanjang dinding perut. Biarkan dinding perut bergoyang lembut bolak-balik sangat lancar dan mudah dengan masing-masing respirasi. otot-otot wajah harus rileks dan mulut ditutup dengan celah kecil antara dua rahang sehingga gigi atas dan bawah tidak memberikan tekanan pada satu sama lain. lidah Anda harus menyentuh langit-langit mulut dengan ujung menyentuh bagian belakang gigi depan atas. Pastikan bibir, lidah atau rahang bawah tidak bergerak. bola mata Anda dan kelopak mata harus stabil dan otot-otot dahi santai.

Seluruh postur tubuh Anda harus nyaman, stabil dan santai. Anda tidak harus merasa ketegangan pada setiap bagian dari tubuh. Sekarang mulai mengembangkan kesadaran pernapasan. Aliran udara harus seragam, lambat dan halus. Jangan membuat usaha atau melakukan kontrol apapun. Tidak pernah menahan nafas. Jangan mengucapkan kata apapun atau melihat gambar apapun. Ini akan menenangkan pikiran Anda dan membantu Anda mencapai perdamaian.