kutil kelamin, juga dikenal sebagai kondiloma, atau kondiloma acuminata, adalah infeksi seksual menular yang sangat menular. Hal ini menyebar saat oral, genital, atau anal seks dengan pasangan yang terinfeksi. Kutil kelamin adalah tanda yang paling mudah dikenali dari infeksi HPV genital.

kutil kelamin sering terjadi dalam kelompok dan bisa sangat kecil atau dapat menyebar ke massa besar di daerah genital atau anal. Pada wanita kutil terjadi di luar dan di dalam vagina, pada leher rahim, rahim atau di sekitar anus. Sementara kutil kelamin sekitar lazim pada pria, gejala penyakit mungkin kurang jelas. Saat ini, mereka biasanya terlihat pada ujung penis. Mereka juga dapat ditemukan pada batang penis, pada skrotum, atau sekitar anus. Jarang, genital warts juga dapat berkembang di mulut atau tenggorokan dari orang yang telah melakukan oral seks dengan orang yang terinfeksi.

Kutil kelamin sering hilang bahkan tanpa pengobatan. Dalam kasus lain, mereka akhirnya dapat mengembangkan berdaging, pertumbuhan mengangkat kecil yang terlihat seperti wadi. Tidak ada cara untuk memprediksi apakah kutil akan tumbuh atau hilang. Oleh karena itu, jika Anda mencurigai Anda memiliki genital warts, Anda harus diperiksa dan diobati, jika perlu.

Tergantung pada faktor-faktor seperti ukuran dan lokasi kutil kelamin, dokter akan menawarkan Anda salah satu dari beberapa cara untuk memperlakukan mereka.

* Imiquimod, krim respon imun topikal yang dapat Anda terapkan untuk daerah yang terkena

* A 20% podophyllin anti-mitosis solusi yang dapat Anda terapkan untuk daerah yang terkena dan kemudian bersihkan

* Sebuah solusi podofiloks 0,5%, diterapkan ke daerah yang terkena tetapi tidak harus dicuci

* A 5% 5-fluorouracil (5-FU) cream

* Asam triklorasetik (TCA)

* Berdenyut laser dye

* Cryosurgery nitrogen cair

Jika Anda sedang hamil, Anda tidak harus menggunakan podophyllin atau podofiloks karena mereka diserap oleh kulit dan dapat menyebabkan cacat lahir pada bayi Anda. Selain itu, Anda tidak harus menggunakan krim 5-fluorouracil jika Anda mencoba untuk hamil atau jika ada kemungkinan bahwa Anda bisa hamil.

Jika Anda memiliki kutil kecil, dokter dapat menghapusnya dengan membekukan mereka, membakar mereka atau dengan perawatan laser. Kadang-kadang, dokter akan harus menggunakan operasi untuk menghilangkan kutil besar yang belum menanggapi pengobatan lain.

Beberapa dokter menggunakan obat antivirus interferon-alpha, yang mereka menyuntikkan langsung ke kutil, untuk mengobati kutil yang telah kembali setelah penghapusan dengan cara tradisional. Obat ini mahal, bagaimanapun, dan tidak mengurangi tingkat bahwa kutil kelamin kembali.

Meskipun pengobatan dapat menyingkirkan kutil, mereka tidak menyingkirkan virus HPV, sehingga kutil dapat kambuh setelah pengobatan. Namun, sistem kekebalan tubuh biasanya membersihkan virus di mana saja dari 6 bulan sampai satu tahun. Bahkan ada beberapa saran bahwa pengobatan yang efektif dari kutil dapat membantu respon kekebalan tubuh.

Virus yang menyebabkan kutil kelamin menyebar melalui kontak kulit-kulit. Kondom tidak cukup melindungi terhadap kutil kelamin, karena tempat yang terinfeksi mungkin tidak tercakup oleh kondom. Satu-satunya pencegahan yang dapat diandalkan untuk tidak memiliki kontak kulit dengan jaringan berpotensi terinfeksi.

Gardasil, vaksin HPV efektif, saat ini sedang menjalani uji klinis fase III dan muncul hampir 100% efektif terhadap jenis yang paling umum.

Artikel ini disajikan untuk tujuan informasi saja dan tidak boleh ditafsirkan sebagai nasihat medis. Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal memiliki kutil kelamin, berkonsultasi dengan dokter Anda untuk pilihan pengobatan terbaru yang tersedia.

Izin diberikan untuk mencetak ulang artikel ini selama tidak ada perubahan yang dibuat, dan kotak sumber daya seluruh disertakan.