Jnana berarti pengetahuan. yoga ini adalah yoga untuk orang-orang yang cerdas dan dipilih. yoga ini adalah tujuan akhir dari semua varietas lain dari yoga. yoga ini mengajarkan Anda untuk melihat dunia seperti itu tanpa kebodohan dan bias. Anda dapat mencapai keadaan ini dengan berlatih disiplin mental yang ketat dan kebajikan. yoga ini juga disebut Raja Yoga atau raja semua yoga, karena dari berbagai tertinggi dan aturan atas semua varietas lain. Ini adalah Yoga yang Patanjali telah dijelaskan dalam Yoga Sutra nya.

yoga ini terdiri dari delapan bagian yang lima eksternal dan tiga lainnya adalah internal. Dua bagian-bagiannya, yaitu yama dan niyama kesepakatan dengan jenis perilaku bahwa mahasiswa yoga harus menghindari seperti berbohong, menipu, mencuri dll dan perilaku orang-orang bahwa ia harus mengolah seperti kebersihan, non-koleksi dll Asana dan Pranayama adalah berikutnya dua bagian dari yoga ini. Asana adalah gerakan fisik yang membantu dalam mengembangkan kelenturan tubuh dan dengan demikian menyembuhkan penyakit apapun. Anda dapat mengontrol napas Anda dengan menggunakan pranayama yang meningkatkan kapasitas paru-paru untuk mengambil di udara dan dengan demikian meningkatkan vitalitas tubuh. Bagian Pratyahara berikutnya menunjukkan penarikan indra dari objek kenikmatan. Tiga bagian yang tersisa berurusan dengan konsentrasi mental intens.

Patanjali menyatakan bahwa praktek delapan bagian dari yoga setia dan intens akan, selama periode waktu, menghapus semua kotoran dari tubuh dan pikiran dan dengan demikian mencapai pengetahuan yang akan membebaskan orang dari perbudakan dan kebodohan. yoga ini disebut Ashtanga Yoga karena terbuat dari delapan bagian. Hal ini juga disebut sebagai Dhyana yoga karena stres pada konsentrasi mental. Oleh karena itu, setiap kali ada penyebutan yoga, biasanya tersirat bahwa orang tersebut berbicara tentang Jnana Yoga